Jumat, 11 Maret 2011

TEXT DRAMA BUAT UJIAN PRAKTEK WAKTU KELAS 9

PENYESALAN SEORANG ANAK
TERHADAP IBUNYA
Pemain:

Alin,  yaritsa husna
Ibu, siva nur azizah
Ratna, vista vita muti R
Pa aziz, dirga
Gita, intan 
Satpam, perry
Dokter, dede
Suster, dinda
Elvan, elvan
Wartawan, rani

Latar:
Rumah
Warung
Panggung terbuka
Rumah sakit

Alat-alat
Microfon
Kamera
Tas

Pakaian:
Dasi
Jas
Baju dokter
Daster
Baju artis
Bebas





            Disuatu pagi, disebuah desa, ada seorang anak perempuan yang bernama alin. Ia hanya hidup berdua dengan ibunya. Keadaan rumah yang sederhana membuat mereka nyaman walaupun tanpa sang ayah (meninggal sejak 2 tahun yang lalu), Alin bercita-cita sebagai artis terkenal, ia ingin mengikuti jejak sang ayah yang dulu sempat menjadi model. Tetapi karena sakit yang dideritanya . ayahnya mencoba vakum dalam dunia tersebut sampai akhirnya meninggal.
Alin                  : (mencium tangan ibu) bu, aku pergi ya !!
Ibu                   : iya lin, jangan lupa nanti pulang sekolah jaga warung ya?”
Alin                  : iya bu, nanti alin ke warung kok. Alin berangkat assalamualaikum
Ibu                   : waalaikumsalam

Siang pun tiba, setelah pulang sekolah Alin segera menyusul ibunya untuk membantu menjaga warungnya itu.

Alin                  : assalamualaikum, ibu istirahat aja dirumah, biar alin yang jaga warung.
Ibu                   : waalaikum salam, kamu gak capek? Yaudah ibu pulang ya jangan lupa
                          Tutup warung menjelang maghrib
Alin                  : iya bu..

Dari kejauhan nampak seorang lelaki berdasi rapi melihatnya dari kejauhan, iya adalah seorang produser dari sebuah production house yang ingin menawarkan Alin untuk menjadi salah satu artis di management nya, ia melihat Alin mempunyai potensi untuk menjadi seorang Artis.

Pa Aziz : permisi.. boleh tau namanya?
Alin                  : boleh, Alin . maaf dari mana ya?
Pa Aziz : kamu tidak perlu tau siapa saya, saya ingin menawarkan ..
Alin                  : kamera? Maaf pa, saya gak punya uang, saya gak mampu membelinya.
Pa Aziz : bukan, ini mah kamera gue, ga mau gue jual, saya teh kesini mau
                          Nawarin kamu jadi salah satu artis di management saya. Kamu mau?
                          Saya melihat dari wajah kamu, kamu punya potensi bisa jadi artis
Alin                  : (menarik dasi lelaki itu) hah? Yang bener? Itu cita-cita saya pa, tapi..
                          Bagaimana dengan ibu? Warung saya? Sekolah saya?
Pa Aziz : (melepaskan pegangan alin) masalah sekolah gampang, saya mampu
                          Membiayainya, kamu izin pada ibumu, saya tunggu besok, ini kartu
                          Nama saya.

Maghrib pun tiba, alin menutup warungnya dan beranjak pulang kerumah, diperjalanan ia tersenyum mengingat omongan lelaki tadi, dia juga mengingat , wajah sang produser tadi, yang katanya rada ganteng. Sesampainya dirumah, alin segera menceritakan pertemuannya tadi kepada ibunya, dan ibunya agak keberatan dengan penawaran tersebut.

Ibu                   : jangan nak, ibu gak mau sendiri disini, ibu khawatir sama kamu nantinya
                          Jangan yaa..
Alin                  : ibu, ibu tau kan ini cita-citaku dari dulu? Gak ada kesempatan lagi bu
Ibu                   : iya ibu tau, tapi kamu tega ninggalin ibu sendirian?
Alin                  : aku tau itu, tapi ibu tega ngebiarin aku menyia-nyia kan kesempatan?
                          Kesempatan gak datang 2 kali bu
Ibu                   : alin. Jangan nak ..

Alin segera memasuki kamarnya, alin berniat untuk kabur pada malam itu. Tetapi ia berfikir lagi untuk kedua kalinya, setengah jam kemudian, iya membawa barang-barangnya dan lari melewati jendela kamarnya.

Alin                  : (berbicara dalam hati) jangan sampe warga sini ada yang liat gue

Tiba-tiba…

Ratna               : Alin.. mau kemana lo?
Alin                  : mau.. ke .. ke .. situ
Ratna               : mau kesitu mana?
Alin                  : ga perlu tau urusan gue deh
Ratna               : curiga gue sama lo, ngapain bawa tas gede kayak gitu? Jualan baju?
Alin                  : ini bukan baju na, ini barang-barang warung
Ratna               : oh, terserah deh hehe
Alin                  : yaudah ya, gue jalan dulu

Alin segera menuju wartel untuk menelfon produser  tersebut..

Alin                  : hallo pak?
Pa Aziz : iya, siapa ni?
Alin                  : saya alin pak yang tadi diwarung?
Pa Aziz : oh iya iya gimana tawaran saya?
Alin                  : iya saya mau, saya sudah siap pa malam ini untuk ke Jakarta
Pa Aziz : bagus, kebetulan hari ini saya langsung ke Jakarta , ada hal mendadak
Alin                  : saya gak nanya pak, bapak bisa jemput dimana?
Pa Aziz : diwarung kamu saja, nanti saya kesana

Alin menutup telfonnya dan segera menuju warungnya . hari itu juga ia segera menuju jakarta. Ibunya, hanya ditinggalkan sebuah surat dan sebuah fotonya. Didalam surat tersebut, alin meminta maaf pada ibunya karena telah menentang perintahnya.

Lima tahun berlalu, alin kini sudah menjadi artis terkenal, sesuai dengan apa yang  ia mau, banyak yang ingin bertemu olehnya dan ia kini mempunyai banyak fans, dalam waktu lima tahun tersebut Alin jauh dari ibunya.

Ibu menonton televisi ..

Ibu                   : (berbicara pelan) itu kamu nak? Bagaimana kabarmu? Kalo aja kamu tau
                          Ibu kangen kamu nak..
Tiba-tiba berita terdengar bahwa Alin akan mengadakan jumpa fans besar-besaran di Hotel ternama di Jakarta

Ibu                   : aku harus datang dalam acara itu. hari ini aku harus ke Jakarta
                          (merapikan barang-barangnya)
Ibu segera pergi..

Ratna               : mau kemana, mak?
Ibu                   : mau ke Jakarta na, mau ketemu Alin. Kamu mau ikut?
Ratna               : engga mak, makasih, hati-hati mak, salam buat alin

Ibu segera menuju terminal dan menaiki buss jurusan Jakarta.  Sepuluh jam kemudian ibu sampai dijakarta, ia bingung ketika sampai disana, dia tidak tau arah kemana hotel tersebut, sementara Jakarta? Bukan seperti kampungnya.

Ibu                   : permisi neng,saya ingin menemui anak saya, apakah kamu tau alamat
                          Ini? (menunjukan selembar kertas)
Gita                  : tau bu, kebetulan saya mau ada pemotretan artis di Hotel ini? Anak ibu
                          Kerja disini?
Ibu                   : iya
Gita                  : Ibu mau bareng saya?
Ibu                   : boleh deh nak, ibu gak tau jalan.
Gita                  : kalau gitu, ayo naik mobil saya

Sepuluh menit kemudian ibu sampai di Hotel tersebut bersama gita, berkerumun orang menunggu didepan panggung yang lumayan besar itu. ibu segera masuk. Orang-orang pun heran dengan datangnya ibu menuju ke arah Alin

Ibu                   : alin.. (memeluk alin)
Alin                  : (kaget) siapa ya? Lepas, saya sudah dandan rapi, jangan bikin dandanan
                          Saya berantakan deh
Ibu                   : ini ibu nak.
Alin                  : aku gak punya ibu kayak kamu. Jangan ngaku-ngaku deh
Ibu                   : ini ibumu nak
Pa Aziz             : alin, acara akan dimulai

Alin duduk diatas panggung yang kini penuh dengan banyak microfon dan ditonton oleh para penggemar-penggemarnya dan wartawan baik dari tv maupun majalah.

Wartawan        : apa kabar alin?
Alin                  : baik (merapikan bulumatanya)
Wartawan        : bagaimana dengan film baru anda?
Alin                  : bagus, saya rasa ini patut ditonton untuk masyarakat.
Wartawan        : peran anda dalam film ini?
Alin                  : sebagai wanita yang durhaka terhadap sang ibu, ga beda jauh seperti
                          Malin kundang
Wartawan        : apa tanggapan keluarga anda tentang acting anda dalam film ini?
Alin                  : keluarga? Mereka mensupport saya
Wartawan        : sebagai artis baru, bagaimana dengan keluarga anda?
Alin                  : saya tidak punya bapak atau pun ibu, mereka meninggal sejak lima
                          Tahun lalu.

Para wartawan terus menanyai tentang profile sang artis, setelah 2 jam berlalu, acara tersebut berakhir, tak disangka, sang pacar dan managernya sedang mendengarkan cerita ibunya tentang alin. Dan mereka terharu mendengar cerita ibunya itu.

Alin                  : ngapain pada disini? Ini lagi, gembel, ngapain masih disini? Tadi kan
                          Udah gue usir!!
Elvan                : lin, jangan gitu dong, ini ibu mu?
Alin                  : ibu? Aku tuh gak pernah punya ibu kayak dia
Elvan                : Ini ibu mu lin, dia kesini Cuma mau ketemu kamu
Alin                  : kamu percaya? Dia itu bohong !! satpam ..
Satpam             : ya, ada apa?
Alin                  : usir dia, gembel ko disuruh masuk
Satpam             : ayoo keluar dari sini (menarik ibu)
Ibu                   : ini ibu nak, ini ibu mu..

Satpam menarik keluar ibunya, ibu pun berjalan tanpa tujuan, setelah cukup jauh dari hotel tersebut, ibu pun duduk di trotoar Karena ia merasa dadanya sesak, mungkin serangan jantungnya kambuh. Iya terduduk lemas.

Elvan                : ibu.. ibu kenapa? (panik)
Ibu                   : gapapa nak
Elvan                : muka ibu pucat
Ibu                   : tidak nak (pingsan)

Elvan membawa ibu kerumah sakit terdekat dengan mobilnya

Elvan                : hallo, alin?
Alin                  : iya, kenapa kamu?
Elvan                : kalau kamu punya hati, datang kerumah sakit sekarang
                          Ibumu masuk rumah sakit, dia diruang ICU sekarang
Alin                  : ibu?
Elvan                : iya, udah cepet kesini

Alin terdiam memikirkan omongan Elvan tadi, dia bingung harus apa? Bagaimana pun itu ibunya, walaupun iya telah bersikap seperti tadi, akhirnya alin segera menuju rumah sakit dengan buru-buru

Alin                  : permisi suster, ruang ICU di sebelah mana ya?
Suster               : dari sini belok kiri, lurus, belok kanan, ada pertigaan belok kiri belok kanan lagi, ruangannya ada disebelah kanan
Alin                  : makasih suster
Suster               : iya sama-sama
Alin                  : (berlari menuju ruang ICU)
Elvan                : punya hati juga kamu dateng, tadi kemana aja? (mengelus Kepala alin)
Alin                  : aku tau tadi aku udah kasar sama ibu
Elvan                : yasudah minta maaf gih sana sama ibumu

Tiba-tiba dokter keluar dariu ruangan tersebut
Alin                  : bagaimana ibuku dok?
Dokter             : maaf, ibu mu tidak kuat menahan sakitnya, kami sudah berusaha sebaik
                          Mungkin
Alin                  : jadi?
Dokter             : (menaikan bahu)
Alin                  : ibu.. (menutup mulutnya, menangis) memang ibu sakit apa?
Dokter             : ibumu kena serangan jantung
Elvan                : sabar ya, (mengelus bahu alin)
Dokter             : masuk aja, temui ibumu
Alin                  : ibuu.. maafin alin bu.. maafin alin, alin  tau alin salah, alin sayang ibu
Elvan                : sudah sudah, ibumu sudah memaafkan kamu ko

Alin merasa bersalah dengan perbuatannya tadi dan iya tidak menyangka bahwa ibunya akan pergi dihari ini juga, hari yang mungkin membuat hatinya sakit karena tingkah lagunya tadi.

Alin                  : ibu ninggalin aku sendiri, maafin aku bu, maafin aku (bersandar pada
                          Nisan)
Elvan                : udah jangan ditangisin, itu udah terjadi. (memegang punggung Alin)
Alin                  : aku ngerasa bersalah
Elvan                : sekarang kita pulang yuk!!
Alin                  : (bangun, menuju mobil)

Berhenti disebuah restaurant

Elvan                : jangan bengong gitu!!
Alin                  : aku masih ngerasa bersalah sama ibu van
Elvan                : ibumu banyak cerita tentang kamu waktu itu
Alin                  : kamu udah tau?
Elvan                : iya aku tau, ibumu sudah memaafkan kamu ko
Alin                  : tapi tetep aja
Elvan                : sudahlah, mending kamu berdoa buat ibu mu
Alin                  : iyaa (mengusap air mata)
Elvan                : sekarang kamu mau kemana?
Alin                  : aku mutusin aja buat tinggal dikampung aja ya
Elvan                : pekerjaan kamu? Fans kamu?
Alin                  : aku yakin aku udah cukup membuat ibu senang lima tahun kemarin.
                          Jadi, aku mau ninggalin dunia artis ini, buat menebus kesalahan aku juga
Elvan                : kamu yakin? (menarik tangan alin)
Alin                  : bangeeeet (memegang erat tangan elvan)
Elvan                : hubungan kita?
Alin                  : terserah kamu
Elvan                : ko?
Alin                  : kamu udah tau kan maksud aku? Aku
Setelah kepergian ibunya, alin memutuskan untuk tinggal dikampungnya, ia meninggalkan dunia artis yang menjadi cita-citanya itu, hanya kampungnya lah yang dapat membuatnya tenang dan terus ingat akan kenangannya bersama ibunya. Dan kini Alin tinggal sebatang kara..

-SELESAI-



ket :
biar gua inget kalo pernah disuruh bikin kayak begituan haha

Tidak ada komentar: